Translate

Tuesday 6 November 2012

Apakah TUMOR ?


v  TUMOR
Tumor merupakan penyakit yang menyeramkan bagi manusia. Ketika mendengar tumor, maka prediksi yang timbul adalah penyakit yang sulit bahkan tidak bisa disembuhkan dan menyebabkan kematian. Tumor dibagi menjadi 2 golongan besar, yaitu tumor jinak (bening) dan tumor ganas (imalignant). Tumor yang bersifat jinak tumbuh membesar, tetapi tidak menyebar. Sedang tumor yang bersifat ganas (kanker) menyebar dan menyerang seluruh tubuh.           
Ada perbedaan pada dua jenis tumor ini, yaitu bahwa tumor ganas lebih berbahaya dan fatal, sedangkan tumor jinak hanya dapat menimbulkan kematian secara lagnsung terkait dengan lokasi tumbuhnya, misalnya tumot di leher yang dapat menekan saluran napas.
Tumor terbentuk dari daging yang berisi cairan dan lemak bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh manusia, misalnya ketiak, payudara, otak, leher dan sebagainya.
Tumor memang harus diwaspadai, terutama  yang bersifat ganas. Yang paling mengkhawatirkan adalah tumor yang tumbuh di otak, payudara, atau di dalam kandugnan. Dalam ilmu kedokteran, tumor harus diangkat melalui proses pembedahan.
Tumor muncul disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel, akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan muculnya tumor. Sebenarnya sel manusia memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel rusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromos, kondensasi kromatin serta fragmentasi mukleus dan sel itu sendiri.
Gejala yang tampak adalah tumbuhnya benjolan atau penebalan jaringan, luka lama yang tidak sembuh-sembuh, pendarahan atau keluar zat cairan dari tubuh dan berat badan menurun secara drastis.

No comments:

Post a Comment